Jenis dan Kandungan Kayu Manis

Jenis dan Kandungan Kayu Manis – Hasil utama tanaman kayu manis adalah kulit batang dan dahan, sedangkan hasil ikutannya ranting dan daunnya. Kayu manis banyak di ekspor ke Amerika Serikat, Jerman Barat, dan Belanda. Kulit kayu manis dan hasil olahannya banyak digunakan dalam industri makanan, minuman, farmasi, kosmetika, dan rokok.

Di dunia terdapat 54 jenis kayu manis (Cinnamomum Spp), 12 jenis diantaranya banyak dimanfaatkan dalam segala bidang industri, makanan, minuman, farmasi, kosmetika, rokok dan obat.

Jenis dan Kandungan Kayu Manis

Jenis dan Kandungan Kayu Manis

JENIS KAYU MANIS

Jenis dan Kandungan Kayu Manis

1. Cinnamomum burmannii

Jenis dan Kandungan Kayu Manis ini adalah tanaman asli Indonesia, yang dikenal dengan nama casia vera, kaneel cassia atau Padang kaneel. Kayu manis asli Indonesia ini juga dikenal sebagai Indonesia cinnamon, Padang cassia atau Korintje. Tanaman ini tumbuh dengan baik pada ketinggian 600-1.500 meter diatas permukaan laut. Kayu manis ini banyak ditemui di sumater Barat dan Jambi (Kerinci). Jenis kayu manis ini memiliki kandungan minyak asiri paling rendah sehingga harganya lebih murah.

2. Cinnamomum aromaticum

Jenis dan Kandungan Kayu Manis ini berasal dari Bangladesh, Cina, India, dan Vietnam. Dalam dunia perdagangan, tanaman ini disebut cassia, Chinnese cinnamon atau Chinnese kaneel. Teksturnya lebih ttebal dan kasar, rasa dan aromany pun lebih keras. Warnanya cenderung cokelat kemerahan.

3. Cinnamomum zeylanicum

Jenis kayu manis ini berasal dari Sri Lanka, dan dikenal sebagai cinnamon tres atau kaneelboom. Teksturnya lebih tipis dan halus, rasa dan aromanya pun lebih lembut. Warnanya cokelat kekuningan dan baunya lebih wangi.

4. Cinnamomum cullilawan

Jenis kayu manis ini dikenal dengan nama salakat atau salakar (Ambon) atau tejo (Laut Seram). Tanaman ini tumbuh liar dengan kayu yang lunak dan berwarna putih. Warna dan rasa akarnya seperti Sassafras Amerika. Daunnya agak licin dan baunya mirip minyak cengkeh. Kulit batangnya berbau minyak kayu putih dan dalam dunia perdagangan disebut kulitlawan atau kulilawan.

KANDUNGAN KAYU MANIS

Kandungan kimia yang terdapat dalam kayu manis adalah minyak asiri, eugenol yang banyak ditemukan dalam daun, safrol, sinamaldehide, tanin, kalsium oksalat, damar dan zat penyamak. Komponen kimiawi lain dari minyak asiri kayu mans termasuk etil sinamat, betakarofilen, linalool, dan metil kavikol. Kayu manis juga mengandung cinnzelanol, kumarin, benzil, benzoat, dan felandren.

MANFAAT KAYU MANIS

Kayu manis mempunyai manfaat baik untuk kesehatan, yakni adalah :

  1. Mengontrol gula darah
    Kandungan antioksidan yang ada di dalamnya bisa membantu untuk mengendalikan kadar gula darah. Kayu manis bisa membantu untuk melancarkan proses pencernaan sesudah makan dan bsia membantu untuk memperbaiki respon dari insulin pada penderita penyakit diabetes tipe 2. 1 gram kayu manis diketahui bisa membantu menurunkan tekanan gula darah, trigliserida, kolesterol buruk dan jumlah kolesterol total pada penderita penyakit diabetes. Dan berdasarkan suatu penelitian, manfaat kayu manis untuk penyakit jantung juga bisa sangat baik.
  2. Anti infeksi
    Kandungan anti infeksi natural alami yang ada di dalam kayu manis sudah terbukti bisa membantu dalam menghilangkan jenis bakteri H. Pylori yang bisa mengakibatkan terjadinya penyakit maag, dan juga berbagai jenis penyakit yang lain yang diakibatkan karena bakteri.
  3. Membantu meningkatkan fungsi otak
    Dengan mencium aroma kayu manis, maka hal ini akan membantu untuk meningkatkan aktivitas yang terjadi di dalam otak. Bau kayu manis juga bisa membantu untuk melancarkan proses kognitif seseorang untuk membuat konsentrasi menjadi lebih fokus, daya ingat lebih tinggi dan bisa meningkatkan kecepatan bekerja di bidang program komputer.
  4. Menurunkan kolesterol
    Kandungan kalsium, serat dan banyak mineral yang ada di dalamnya seperti jenis mangan. Untuk itulah kayu manis merupakan salah satu jenis bumbu dapur alami yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan, usus, dan bisa membantu melindungi tubuh dari resiko penyakit jantung. Kayu manis juga mampu untuk menurunkan kolesterol darah. Kandungan kalsium dan serat yang ada di dalam kayu manis juga bisa membantu untuk menghilangkan garam yang ada di dalam tubuh dan membantu mencegah terjadinya penyakit kanker usus. Bukan hanya itu saja, serat yang terdapat di dalam kayu manis mampu mengobati penyait konstipasi dan penyakit diare.
  5. Mencegah terjadinya pertumbuhan sel penyebab penyakit kanker
    Salah satu penelitian menunjukkan bahwa kayu manis bisa membantu untuk mengurangi terjadinya proses proliferasi sel kanker. Bukan hanya itu saja, kayu manis juga digunakan sebagai obat alami dalam mengobati penyakit kanker secara alami.
  6. Menghangatkan tubuh
    Dalam pengobatan tradisional Cina, kayu manis biasanya digunakan sebagai pengobatan untuk penyakit flu atau influenza. Hal ini disebabkan karena kandungan zat yang ada di dalam kayu manis akan membantu membuat tubuh menjadi lebih hangat dan menjadi lebih nyaman.

Jenis dan Kandungan Kayu Manis

Cara Pemesanan Kapsul Kayu Manis
Untuk Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Mengobati Rematik, Mengobati Asma, Meluruhkan Masuk Angin, Menambah Nafsu Makan, Mengobati Batuk, Sariawan & Penyakit Lainnya

Harga 1 Botol Kapsul Kayu Manis isi 80 Kapsul = Rp.95.000,-/botol

Cara Pemesanan : SMS ke 0878-8856-6863, tuliskan : Pesan Kapsul Kayu Manis, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap


=====================================

>>> Jual Kapsul Kayu Manis Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Mengobati Rematik, Mengobati Asma, Meluruhkan Masuk Angin, Menambah Nafsu Makan, Mengobati Batuk, Sariawan dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kayu Manis and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>