Manfaat Kayu Manis

Manfaat Kayu Manis – Kayu manis yang memiliki nama ilmiah cinnamomum burmani (Ness).Bl. Kulit kayu manis mempunyai rasa pedas dan manis, berbau wangi, serta bersifat hangat. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam kayu manis diantaranya minyak asiri eugenol, safrole, sinamaldehide, tannin, kalsium oksalat, damar dan zat penyamak.

Manfaat Kayu Manis

Manfaat Kayu Manis

KANDUNGAN KAYU MANIS

Efek farmakologis yang dimiliki kayu manis diantaranya sebagai peluruh kentut (carminative), peluruh keringat (diahoretic, antirematik, penambah nafsu makan (stomachica) dan penghilang rasa sakit (analgesic).

Bagian tumbuhan yang digunakan sebagai Manfaat Kayu Manis :

Kulit batang, daun dan akar kayu manis dapat dimanfaakan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut

1. Asam urat (gout arthritis), keropos tulang

Rebus 1 ruas ibu jari kayu manis, 15 gr jahe merah, 5 gr biji pala,5 butir kapulaga, 5 gr bunga cengkeh, serta 4 lebar daun sosor bebek dalam 600 ml air sampai airnya tersisa 300 ml. Saring air rebusannya, lalu diminum sekaligus satu kali sehari.

2. Penyakit hernia

Rebus 1 ibu jari kayu manis, 15 gr jahe merah, 5 butir kapulaga, 5 gr adas, 1 jari pulosari dengan 800 ml air sampai airnya tersisa 400 ml. saring air rebusannya lalu minum sekaligus selagi hangat. Lakukan dua kali sehari.

3. Mengatasi muntah-muntah

Rebus 1 jari kayu manis, 10 gr temu kunci dan 3 butir kauplaga dengan 800 ml air sampai tersisa 400 ml. Saring air rebusannya, lalu minum dua kali sehari masing-masing 200 ml.

Kayu manis merupakan salah satu jenis bumbu dapur atau rempah-rempahan alami makanan yang paling tua yang digunakan oleh manusia. Kayu manis sudah mulai digunakan sejak 5000 tahun yang lalu dan digunakan pertama kali di Mesir Kuno. Dalam kitab-kitab perjanjian lama kayu manis disebutkan beberapa kali dalam isi kitabnya. Manfaat dari kayu manis juga bisa digunakan sebagai obat alami dan suplemen alami mengobati berbagai gangguan kesehatan yang bisa dicampurkan dengan madu murni untuk membantu mengobati penyakit radang sendi, penyakit kulit, penyakit jantung dan keluhan perut kembung.

Kandungan senyawa yang ada di dalam kayu manis adalah minyak atsiri, safrole, eugenol, tannin, cinnamaladehyde, kalsium oksalat, zat penyemak, dammar dan juga masih banyak lagi jenis senyawa lainnya. Jika didasarkan kepada kada, maka senyawa Cinnamaldehyde-lah yang paling banyak ada di dalamnya. Jumlahnya bisa mencapai hingga 70% dari total berat kayu manis.

Kandungan alami yang ada di dalam kayu manis adalah :

  1. Kadar air 7,90%
  2. Minyak atsiri 2,40 %
  3. Ekstrak alkohol 10-12%
  4. Abu 3,55%
  5.  Serat kasar 20,30%
  6. Karbohidrat 59,55%
  7. Lemak 2,20%

Jika senyawa ini diurai lebih detail lagi, maka biasanya kita akan menemukan senyawa minor seperti etil sinamat, betakarofilen, linalool, metil kavikol, cinnzelazol, kumarin, benzoate, benzyl, dan juga felandren. Semua senyawa yang ada di dalam kayu manis akan sangat bermanfaat untuk pengobatan tradisional. Ada berbagai jenis ganguan kesehatan yang bisa diobati dengan menggunakan ramuan alami kayu manis.

MANFAAT KAYU MANIS UNTUK KESEHATAN

Beberapa manfaat kayu manis untuk kesehatan adalah :

  1. Menurunkan kolesterol tinggi
    Bumbu dapur atau rempah-rempah kayu manis ini bisa membantu untuk mengurangi tekanan kolesterol jahat. Caranya adalah taburkanlah 1-2 sendok teh bubuk kayu manis ke dalam makanan Anda setiap harinya untuk membantu mencegah terjadinya peningkatan kolesterol jahat di dalam tubuh. Sebaiknya dibarengi juga dengan pilihan dari jenis makanan yang sehat lain yang rendah akan kolesterol misalnya adalah dengan menyeimbangkannya dengan buah-buahan dan sayuran.
  2. Membantu mengatur gula darah
    Kayu manis bermanfaat untuk mengontrol gula darah sehingga aman untuk penderita penyakit diabetes. Jika dikonsumsi dengan teratur, maka kayu manis akan membantu untuk membuat kadar energi menjadi lebih stabil.
  3. Membantu mencegah dan juga mengobati penyakit kanker
    Salah satu penelitian menunjukkan bahwa kayu manis bermanfaat untuk membantu memgurangi terjadinya proliferasi pada sel kanker, dan selain itu juga sangat baik untuk membantu mencegah penyakit kanker dan mengobatinya.
  4. Meringankan nyeri rematik
    Anda bisa mengonsumsi kayu manis dengan teratur dalam membantu mengatasi masalah penyakit rematik. Menurut salah satu penelitan, penderita rematik yang mengonsumsi kayu manis akan membantu untuk menghilangkan rasa sakit yang muncuk.
  5. Mencegah penyakit jantung
    Kandungan anti inflamasi yang ada di dalam kayu manis akan sangat efektif untuk membantu melindungi jantung pada terjadinya suatu kerusakan atau juga infeksi yang terjadi, terutama adalah dibagian arteri akibat dari makanan yang mengandung lemak.

Itulah informasi mengenai manfaat kayu manis untuk kesehatan. Dan semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua.

Manfaat Kayu Manis

Cara Pemesanan Kapsul Kayu Manis
Untuk Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Mengobati Rematik, Mengobati Asma, Meluruhkan Masuk Angin, Menambah Nafsu Makan, Mengobati Batuk, Sariawan & Penyakit Lainnya

Harga 1 Botol Kapsul Kayu Manis isi 80 Kapsul = Rp.95.000,-/botol

Cara Pemesanan : SMS ke 0878-8856-6863, tuliskan : Pesan Kapsul Kayu Manis, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap


=====================================

>>> Jual Kapsul Kayu Manis Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Mengobati Rematik, Mengobati Asma, Meluruhkan Masuk Angin, Menambah Nafsu Makan, Mengobati Batuk, Sariawan dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kayu Manis and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>